Jurnal

Karawang Bangun 10 Unit TPS3R untuk Mengolah Sampah

09 Agustus 2023
Administrator
Dibaca 72 Kali
Karawang Bangun 10 Unit TPS3R untuk Mengolah Sampah

KARAWANG - Pemkab Karawang membangun 10 unit tempat pembuangan sampah reuse reduce dan recycle (TPS3R) yang tersebar di enam kecamatan. Satu unit TPS3R mampu mengolah 50 ton sampah setiap harinya. Dengan demikian, tumpukan sampah yang tak bisa terangkut armada diharapkan bisa terminimalisasi.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pihaknya optimis jika pengelolaan sampah di Karawang bisa teratasi denga‎n maksimal. Saat ini sudah ada 10 TPS3R yang nantinya mampu mengolah sampai sebanyak 500 ton per harinya. "TPS3R ini merupakan fasilitas untuk pengumpulan, pemilahan serta pendauran ulang sampah agar dapat dimanfaatkan kembali," ujar Cellica, saat meresmikan TPS3R Baraya Runtah di Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur, Senin (12/4/2021).

Pihaknya optimis, jika pengelolaan sampah melalui TPS3R ini bisa dikelola dengan baik sehingga permasalahan sampah dapat teratasi. Selain itu, lanjut Cellica, pihaknya berencana membuat peraturan bagi pengembang perumahan agar memiliki TPS3R sendiri. "Saya sangat mendukung program ini. Makanya nanti kita rumuskan agar perumahan, tempat wisata, pasar dan supermarket memiliki TPS3R sendiri," ujarnya. (K60)


Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image