Jurnal

Desa Tertinggal Kini Jadi Desa Digital

22 Juli 2023
Administrator
Dibaca 71 Kali
Desa Tertinggal Kini Jadi Desa Digital

Banjarnegara: Sempat menjadi desa tertinggal dalam berbagai aspek, kini salah satu desa di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sudah menjadi desa digital. Masyarakat desa ini memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan di era modern yang meliputi pelayanan, sarana informasi, ekonomi, perdagangan, dan pariwisata.
 
Desa Jalatunda di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sebelumnya merupakan sebuah desa yang cukup tertinggal. Letak geografis di pegunungan utara Banjarnegara membuat kondisi internet di desa ini sangat memprihatinkan. Bahkan, dianggap sebagai kawasan blind spot.

Baca juga: 

Desa Cenang Komitmen Menjadi Desa Digital, Karangtaruna Dilatih Jurnalistik 

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membangun tower provider di desa ini guna menunjang kinerja dan pelayanan pada masyarakat dan mengubahnya menjadi desa digital. Kini Desa Jalatunda adalah salah satu desa digital atau desa internet pertama di Banjarnegara.

Desa digital merupakan sebuah aplikasi kebutuhan di era modern saat ini yang dapat diakses oleh masyarakat. Program ini meliputi pelayanan sarana informasi, ekonomi, perdagangan, dan pariwisata.

Baca juga: 

Inilah 5 Desa Digital Terbaik di Indonesia - Sistem Pelayanannya Canggih!

“Tadinya, setelah jam 9 kita tidak bisa mengakses apapun, semua data off, karena ini kawasan blind spot. Namun sekarang kita sudah menggunakan internet,” ujar Kepala Desa Jalatunda Satam dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV pada Jumat, 11 Maret 2022.
 
Kabupaten Banjarnegara mendapatkan alokasi untuk 10 desa menjadi desa digital. Nantinya, masing-masing desa terpilih juga akan diberikan dua pendamping serta sarana penunjang lainnya. “Kita berharap bahwa sepuluh desa yang terpilih memiliki fasilitas internet yang memadai dan kedepannya menjadi desa berbasis digital hingga untuk menjual hasil produksi dari Desa,” ujar PLH Pengembangan dan Informasi Kemdes Razali.

Baca juga: 

Mengenal Desa Digital : Ini yang Harus Disiapkan!

Melalui program desa digital ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat desa. Sehingga mulai dari pelayanan aparatur desa hingga sistem pembelajaran siswa bisa dilakukan secara digital. (Leres Anbara)

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image