Jurnal

TPS3R Sidakarya-Bali bagikan EM4 untuk tiap rumah tangga

14 Juni 2023
Administrator
Dibaca 94 Kali
TPS3R Sidakarya-Bali bagikan EM4 untuk tiap rumah tangga

Denpasar (ANTARA) - Pengelola Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) Bumi Sudha Lestari Desa Sidakarya, Kota Denpasar, Bali, melalui BUMDes setempat membagikan larutan Effective Microorganisms-4 (EM4) untuk tiap rumah tangga agar bisa mengolah sampah menjadi pupuk organik.

"Kami memilih teknologi EM untuk memfermentasi sampah organik rumah tangga menjadi pupuk organik, karena EM adalah teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujarnya Direktur BUMDes Sidakarya Wayan Tirtayasa di Denpasar, Senin.

Baca juga:

Mengenal Potensi dan Fungsi Desa

la menjelaskan, penduduk Desa Sidakarya yang tersebar di 12 dusun lebih dari 10.000 kepala keluarga (KK) pengguna pelanggan sampah tercatat 4.850 KK.

"Hampir separuh penduduk Desa Sidakarya yang telah menjadi pelanggan TPS3R itu sekaligus dididik untuk memilah sampah dan mengolah sampah organik menjadi pupuk organik di tingkat rumah tangga," katanya yang juga menerima tim Youtube EM Indonesia Official itu.

Sedangkan separuh sisanya akan terus dididik oleh tim terpadu Pemerintahan Desa Sidakarya, dengan harapan mampu menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang bersih, hijau dan lestari.

"Kami memilih teknologi EM untuk memfermentasi sampah organik rumah tangga menjadi pupuk organik, karena EM adalah teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujarnya
Sebelumnya, Tirtayasa juga telah memperoleh informasi tentang teknologi mikroba pengurai itu dari teman-teman.

Baca juga:

Desa Cenang Komitmen Menjadi Desa Digital, Karangtaruna Dilatih Jurnalistik

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Denpasar, bahwa produk EM
sangat baik kualitasnya untuk misi kelestarian lingkungan.

Kemudian sampah organik hasil fermentasi sampah organik sentuhan teknologi EM yang dihasilkan oleh masing-masing rumah tangga diarahkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam mengintensifkan pengembangan pertanian organik di Kota Denpasar.

"Jika ada rumah tangga yang mampu memproduksi pupuk organik melebihi kebutuhannya sendiri, maka TPS3R melalui BUMDes siap membeli dengan harga yang menggiurkan untuk dijual kembali kepada mitra kerjanya," ujarnya menambahkan.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image