Jurnal

Canggih! Ini Desa Digital Pertama di Indonesia

27 April 2023
Administrator
Dibaca 108 Kali
Canggih! Ini Desa Digital Pertama di Indonesia

Desa Lamahu merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Secara geografis desa ini dikelilingi dengan lahan persawahan yang cukup luas dengan latar belakang ekonomi masyarakat yang bervariasi.

Pemerintah desa memiliki cita-cita untuk memajukan desa. maka dari itu, pemerintah merealisasikan Desa Lamahu sebagai desa digital.

konsep digital yang ada di desa ini adalah penerapan command center sebagai pusat layanan bagi masyarakat desa. 

Baca Juga

Bantu Wujudkan Desa Digital, Mahasiswa KKN UNDIP membuat WebGIS Desa Sidapurna

Konsep command center ini dibuat sebagai pusat pelayanan digital pemerintah desa yang banyak memberikan manfaat dalam melayani kebutuhan masyarakatnya.

Cara memanfaatkan layanan inipun sangat mudah. Hanya dengan mengunggah aplikasi Panic Button di smartphone yang dibagikan kepada warga kemudian memasukan nomor induk kependudukan.

Selanjutnya warga sudah bisa mengakses semua layanan yang disiapkan. Mulai dari layanan keamanan kesehatan serta pelayanan pengurusan berkas kependudukan dan perijinan.

Baca Juga

5 Jenis UKM Pedesaan yang Membantu Keuangan Masyarakat

Konsep desa digital ini didukung dengan sejumlah peralatan seperti tiga puluh dua tiang cerdas atau smart pole, yang dilengkapi cctv, lampu otomatis, serta sensor cahaya dan gerak.

Tiang tiang ini dipasang pada sejumlah titik diwilayah permukiman warga hingga ke lokasi persawahan.

Baca Juga 

Membangun Desa Digital

Program ini juga memberdayakan masyarakat sebagai karyawan di Badan Usaha Milik Desa, yang kemudian mempromosikan semua jenis usaha melalui market place secara online.

Sejak adanya command center di Desa Lamahu, angka kriminal di desa ini dalam selang waktu dua tahun terakhir nyaris tidak ada.

Desa ini kini menjadi desa percontohan nasional sebagai desa digital, yang kini banyak dikunjungi untuk studi banding.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image