Jurnal

Desa Bukit Raya PPU Jadi Desa Digital Pertama di IKN Nusantara Artikel ini telah tayang di TribunK

10 April 2023
Administrator
Dibaca 66 Kali
Desa Bukit Raya PPU Jadi Desa Digital Pertama di IKN Nusantara   Artikel ini telah tayang di TribunK

Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, menjadi Desa Digital (Smart Village) pertama di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pasca pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Desa ini menjadi desa percontohan sekaligus pusat studi bagi desa lain.

Sejak diresmikan sebagai Desa Digital pada Agustus 2022, sudah ada empat desa yang datang untuk studi ke Bukit Raya, tiga desa dari wilayah Kalimantan Timur, yakni Desa Sidorejo, Gunung Intan Babulu dan Sesulu sedangkan satu desa dari Kalimantan Tengah.

“Rombongan dari Desa Muara Plantau, Kalimantan Tengah datang lewat jalan darat menempuh perjalanan 13 jam khusus ke sini,” ungkap Sekretaris Desa Bukit Raya, Adi Suriyadi, Selasa (28/2/2023).

Menurut Adi, mereka datang dengan beberapa perangkat desa, untuk melihat pengaplikasian desa digital.

“Mereka ingin belajar dari kami bagaimana menjadi desa digital,” ujarnya.

Desa Bukit Raya merupakan Desa Digital yang didukung oleh Telkom dan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Program Desa Digital Nusantara (Smart Village Nusantara).

Program ini untuk mendorong percepatan pengembangan kawasan Nusantara khususnya dalam aspek teknologi dan informasi.

Dengan program ini maka desa-desa di sekitar Nusantara sudah mengadopsi teknologi digital sejak dini dan nantinya, akan mendukung ekosistem kota pintar (smart city) yang diterapkan di Nusantara.

Adi Suriyadi menjelaskan sebelum Bukit Raya dijadikan percontohan Desa Digital, Telkom melakukan survei terlebih dahulu, desa mana yang siap untuk menjadi contoh.

Salah satu indikatornya adalah kesiapan SDM dalam mengadopsi digitalisasi.

“Ternyata berdasarkan survei, kami Desa Bukit Raya yang paling siap, karena sudah banyak warga yang sudah menggunakan medsos sebagai sarana saluran komunikasi, hanya belum terarah,” katanya.

Misalnya saja, mereka mengunggah keluhan fasilitas desa lewat medsos.

Sebelum resmi menjadi Desa Digital, Bukit Raya sudah menggunakan teknologi informasi sebagai sarana dalam pemilihan Kepala Desa Bukit Raya pada 2021.




Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image