Jurnal

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Belu Gelar Bimtek Siskeudes Online

21 April 2023
Administrator
Dibaca 57 Kali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Belu Gelar Bimtek Siskeudes Online

emerintah Kabupaten Belu ( Pemkab Belu ) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online.

Terobosan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas bagi para pengelola keuangan di desa

Kegiatan Bimtek Siskeudes Online Tahun 2023 ini dipusatkan di Lantai Satu Kantor Bupati Belu dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belu, Dr. Aloysius Haleserens, didampingi didampingi Plt. Kadis PMD, Rosalia Yeani R. Lalo, SH. Sabtu, 25 Februari 2023.

Peserta Bimtek Siskeudes Online tersebut diikuti oleh 21 orang yang terdiri dari lima orang dari Dinas PMD, enam orang Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan sembilan orang Koordinator Pendamping Kecamatan.

Wakil Bupati Belu dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa bimtek ini bertujuan agar meningkatkan keterampilan para Koordinator Pendamping Kecamatan dalam pengelolaan keuangan desa.

Wabup Aloysius juga menekan agar peran Perangkat Desa dan Kepala Desa dalam pengelolaan keuangan desa, dapat didampingi sehingga bisa berjalan tepat sasaran, transparan, partisipatif dan akuntabel.

Penggunaan teknologi ini untuk memudahkan kita dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, menuju efisiensi dan efektifitas. Saya himbau ikutilah kegiatan ini secara baik dan sungguh-sungguh, sehingga bisa diterapkan langsung dalam pengelolaan keuangan desa nanti,pinta Wabup Aloysius.

Selain itu, Wabup juga meminta agar para narasumber dapat memberikan materi yang sejelas-jelasnya, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan desa.

Dengan mengikuti bimtek ini, tentunya dapat memberikan kemudahan-kemudahan dalam mengoperasikan sistem pengelolaan keuangan. Sekali lagi saya tegaskan agar 21 orang ini dapat mengikuti kegiatan bimtek ini hingga tuntas,tegasnya.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Siskeudes Online Tahun 2023 ini menghadirkan Tim Fasilitator Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan Perwakilan NTT, Joseph Dwi Putranto dan Srijanto Andojo. 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image