Jurnal

Ketahui Strategi Digital Marketing bagi Bisnis UMKM yang Wajib Diterapkan!

25 Oktober 2022
Administrator
Dibaca 55 Kali
Ketahui Strategi Digital Marketing bagi Bisnis UMKM yang Wajib Diterapkan!

Belanja online merupakan kegiatan yang kini lebih banyak dipilih masyarakat karena dianggap lebih efektif dan dapat menghindari kerumunan akibat pandemi COVID-19.

Karena itu pula, kegiatan bisnis pun kini telah bergeser ke arah digital. Salah satunya adalah dalam hal pemasaran produk melalui Digital Marketing.

Digital Marketing sendiri merupakan teknik pemasaran produk baik berupa barang atau jasa yang memanfaatkan perangkat elektronik dan internet untuk menjangkau pelanggannya.

Efektivitas digital marketing dalam menjangkau pelanggan hingga menaikkan angka penjualan tentu tidak dapat diragukan lagi.

Maka dari itu, merupakan kabar baik bagi anda para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis anda melalui Digital Marketing.

Dalam pelaksanaannya, Digital Marketing dibagi menjadi dua cara, yaitu Organik dan Anorganik.

Digital Marketing organik mengacu pada teknik pemasaran yang tidak memerlukan biaya, sedangkan Anorganik membutuhkan biaya karena menggunakan media periklanan dan sebagainya.

Strategi Digital Marketing untuk UMKM

Lalu apa saja cara yang dapat dilakukan dalam Digital Marketing bagi bisnis anda? Berikut penjelasannya dari Wargakoo :

1. Media Sosial sebagai Media Promosi

Media sosial rasanya telah menjadi kerabat dekat bagi sebagian besar masyarakat untuk menjadi sarana bersosialisasi dan aktivitas lainnya.

Hal tersebut dapat menimbulkan peluang bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya dengan berbagai platform media sosial.

Anda pun dapat memanfaatkan platform yang paling banyak digandrungi seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau Tiktok. LinkedIn juga dapat menjadi pilihan anda apabila produk yang anda tawarkan berkaitan dengan jasa profesional.

Unggahan dalam rangka promosi produk antara lain dapat berupa konten product launching, promo, atau pengenalan deskripsi produk.

Selain itu, untuk meningkatkan minat konsumen, anda juga dapat mengunggah konten yang bersifat soft-selling berupa konten edukatif, informatif, atau hiburan.

Anda dapat memanfaatkan layanan Advertisement untuk lebih meningkatkan awareness dan penjualan. Diantaranya dengan menggunakan Instagram Ads, Facebook, Ads, Tiktok Ads, dan lain sebagainya.

2. Memanfaatkan Google My Business

Google menyediakan fitur yang sangat bermanfaat dan dapat digunakan secara gratis oleh para pelaku bisnis melalui Google My Business.

Dengan membuat akun Google My Business, eksistensi dari bisnis anda akan lebih mudah diketahui calon pelanggan karena memuat identitas seperti alamat hingga ulasan dari para pelanggan sebelumnya.

3. Menggunakan Jasa KOL atau Influencer

Apabila produk anda memiliki spesifikasi tertentu, misalnya berupa produk peralatan memasak yang menargetkan pelanggan kalangan koki atau ibu rumah tangga, maka anda dapat menggunakan jasa Chef sebagai KOL (Key Opinion Leader), yaitu orang yang ahli dalam bidangnya sehingga dapat dipercaya oleh audience-nya.

Sedangkan jika produk yang anda jual menyasar kepada kalangan umum seperti makanan, perlengkapan kesehatan, peralatan elektronik, ataupun aksesoris, anda dapat menggunakan jasa Influencer yang telah memiliki angka followers yang tinggi serta aktif membagikan berbagai konten di sosial medianya.

4. SEO Website dan Blog

Website menjadi perangkat wajib bagi pengembangan bisnis anda. Melalui Website, anda akan terbantu dalam hal layanan transaksi karena dapat dilakukan melalui server selama 24 jam.

Untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi, anda harus melakukan optimasi website melalui SEO (Search Engine Opimization) yang dapat menjadikan website anda memiliki peringkat pertama di mesin pencarian Google saat calon pelanggan mencari kata kunci yang berkaitan dengan produk anda.

SEO dapat diterapkan melalui domain dari website anda, maupun melalui Blog yang merupakan artikel-artikel informatif yang berkaitan dengan produk yang anda pasarkan.

5. Mengirimkan Email Marketing

Email Marketing dinilai efektif untuk menjalin koneksi dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Email pelanggan bisa didapatkan dari Registrasi pada website yang dilakukan pelanggan.

Anda dapat mengirimkan Newsletter, Promo, dan penawaran menariknya dengan tetap memperhatikan waktu dan ketepatan konteks sehingga dapat menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image